Target Sukanto Tanoto, Chairman Raja Garuda Emas


Siapa yang tak kenal dengan Sukanto Tanoto? Nama besar Sukanto sebagai pengusaha sukses, pemilik Raja garuda Emas (RGE) tak diragukan lagi telah menjadi familiar di seantero negeri ini. Kerajaan bisnis yang ia dirikan mulai dari nol dengan segala kerja keras serta pengorbanan berhasil membawanya ke dalam daftar orang terkaya di dunia versi majalah bisnis internasional, Forbes. Sukanto Tanoto, dengan punda-pundi rupiah sejumlah 2,8 miliar dollar Amerika, menempati posisi ke 418 dari 1.226 pengusaha terkaya di dunia. Di Indonesia sendiri, pemilik lembaga filantropi Tanoto Foundation ini menempati posisi ke 5 terkaya.


Sukanto Tanoto memiliki beberapa anak perusahaan di bawah naungan Raja garuda Emas & APRIL Group yang dimilikinya. Salah satunya yang terbesar dan juga menjadi sumber utama kekayaannya adalah PT Riau Andalan Pulp & Paper. PT RAPP ini bergerak di bidang pengolahan bubur kertas dengan produk utama berupa kertas. Kertas hasil produksi PT RAPP ini bahkan dipasarkan tak hanya di Indonesia saja melainkan juga hingga ke Benua Biru, Eropa karena kualitasnya yang sangat baik. Tak heran jika PT RAPP ini menjadi salah satu aset berharga bagi Sukanto Tanoto.


Tak hanya fokus mengeruk keuntungan semata, Sukanto Tanoto juga memiliki kepedulian terhadap masalah sosial dan lingkungan yang terjadi di Indonesia ini. Ia menyadari bahwa apa yang ia peroleh melalui perusahaan yang dimiliki tak mungkin bisa ia dapatkan tanpa adanya alam yang menjadi penyedia bahan baku utama yakni pulp, serta masyarakat yang menjadi sumber SDM. Oleh sebab itu, Sukanto Tanoto bersama sang istri tercinta Tinah Bingei Sukanto mendirikan sebuah lembaga filantropi keluarga, yakni Tanoto Foundation. Sumber dana dari lembaga ini murni berasal dari kantong pribadi keluarga Sukanto Tanoto, yang dikelola dan dipimpin oleh anak-anak dari Sukanto-Tinah.


Tanoto Foundation ini didirikan demi mewujudkan komitmen Sukanto Tanoto untuk selalu memprioritaskan kelestarian lingkungan serta memenuhi kebutuhan masyarakat. Melalui organisasi non-profit ini, Sukanto meluncurkan berbagai program terkait hal ihwal kemanusiaan. Beberapa contoh diantaranya adalah memberikan bantuan berupa dana pendidikan alias beasiswa untuk lebih dari 6000 siswa dan mahasiswa dari seluruh Indonesia, mengadakan program preventif yang melibatkan elemen masyarakat demi mengurangi jumlah kasus kebakaran hutan, dan masih banyak lagi contoh lainnya.


Meski telah banyak berkontribusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di Indonesia, nyatanya hal ini tidak membuat Sukanto Tanoto menjadi cepat berpuas diri. Ia masih memiliki satu target lagi yang ingin ia wujudkan sesegera mungkin, yakni memberantas kemiskinan masyarakat di kawasan yang menjadi tempat ia dilahirkan yaitu Medan, tepatnya di Pelalawan. Demi mewujudkan ambisinya, Chairman Raja Garuda Emas ini menetapkan target waktu 2 hingga 3 tahun mendatang, dengan menggunakan indikator batas kemiskinan yang dibuat pemerintah.

Pranala Luar:
https://www.forbes.com/profile/sukanto-tanoto/

https://www.facebook.com/pages/RGM-Raja-Garuda-Mas-Industrial-Forest-Plantation-Dumai-Fiber/105838012829836

UserForm edit

FirstName Sukanto tanoto
LastName Raja Garuda Emas
OrganisationName
OrganisationURL https://id.linkedin.com/in/sukantotanoto/in
Profession
Country
State
Address
Location
Telephone
VoIP
InstantMessaging (IM)
Email
HomePage http://www.aprilasia.com/en/sukanto-tanoto
Comment
Topic revision: r2 - 30 Nov 2017 - 02:23:36 - SukantoTanotoRajaGarudaEmas
 

This site is powered by FoswikiCopyright © by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding Foswiki? Send feedback